Age Of Empires 3 | Game Real Time Strategy Yang Menyenangkan

age of empires 3

Kali ini admin bakal mereview game Age Of Empires III a.k.a AoE III. Untuk agan – agan pencinta game RTS pasti sudah tidak asing dengan salah satu seri dari game RTS Legendaris yang satu ini. Seri ke-3 dari game Age Of Empire dan sekuel dari Age Of Empire II : The Age Of Kings ini sendiri dikembangkan oleh Ensemble Studios dan dipublikasikan oleh Microsoft Game Studios serta dirancang oleh Bruce Shelley, salah satu designer game terkenal. Game ini dirilis pada 18 oktober 2005 di amerika utara dan 4november 2005 di eropa untuk versi PC. Sementara versi Macnya dirilis pada 21 November 2006 di Amerika Utara dan 29 September 2006 di Eropa.

Kerennya, Sebuah versi NGage dari permainan yang dikembangkan oleh Glu Mobile dirilis pada 28 April 2009. Seri game ini telah dikembangkan mejadi 2 seri ekspansi, yakni yang pertama, Age of Empires III: The WarChiefs yang dirilis pada 17 October 2006, dan memperkenalkan 3 peradaban Pribumi Amerika dan yang kedua, Age of Empires III: The Asian Dynasties yang dirilis pada 23 October 2007, dan memperkenalkan 3 peradaban Asia. Game ini sangat sukses karena telah terjual lebih dari 2 juta salinan game sejak mei 2008. Selain itu, game ini juga sangat beruntung karena mendapat penganugerahan “Best RTS game of 2005” dari GameSpy, dan salah satu dari permainan berpenjualan terbaik pada 2005. Di 2007, Age of Empires III ada di peringkat ketujuh untuk permainan komputer berpenjualan terbaik, dengan lebih dari 313,000 salinan terjual tahun itu.

Benar – benar game yang patut “dicicipi” oleh penikmat game RTS. Game Aoe III ini berlatarkan pada zaman kolonisasi bangsa eropa terhadap benua amerika pada kurun waktu 1492 sampai 1850 M lalu diperluas hingga tahun 1876 M pada paket ekspansi Aoe III : The WarChiefs.

Gameplay

Dalam game ini, terdapat 3 mode permainan yakni Campaign yang berbasis cerita sesuai sejarah, single-player skirmish yang pemain bebas melawan Al, dan Multi-player skirmish yang memudahkan pemain untuk dapat bermain secara online. Seperti seri game – game RTS sebelumnya, Pemain akan diberi tugas untuk mengembangkan sebuah koloni bangsa Eropa, Asia atau Amerika Utara dari sebuah pemukiman dasar sampai sebuah kekaisaran, berkembang melewati Epochs (Zaman) tingkatan perkembangan teknologi dan menghancurkan koloni musuh.

Ada dua Faktor utama dari permainan yakni, ekonomi, dicirikan oleh pengumpulan sumber daya, dan produksi unit sipil yang biasanya mengumpulkan sumber daya; dan militer yang mengikutsertakan produksi unit militer, dan konflik antara tentara dari pihak pihak yang saling bermusuhan. Para pemain diwajibkan untuk mengembangkan peradabannya dengan cara mengumpulkan sumber daya ataupun mengalahkan musuh lain melalui perang.

AoE III merupakan game pertama yang memperkenalkan fitur baru, yakni Home Cities yang berfungsi sebagai kota kedua yang umumnya tidak dapat dihancurkan oleh musuh. Beberapa Home Cities dapat dibuat dan diurus, walaupun masing-masing hanya mendukung satu peradaban. Home Cities tersusun atas lima bangunan utama yakni Perusahaan Dagang Dunia Baru, Akademi Militer, Katedral, Pabrik (Manufacturing Plant), dan Pelabuhan.Dalam jalannya sebuah pertandingan.

Pemain-pemain mendapatkan poin XP (experience) dengan menyelesaikan misi-misi seperti membuat bangunan, melatih unit, membunuh musuh, dan mengumpulkan harta karun. Saat jumlah dari poin experience mencapai nilai tertentu, pemain dapat menggunakan sebuah pengapalan dari Home City dirinya. XP ini juga dijumlahkan secara langsung ke Home Cities dan dikumpulkan dari seluruh permainan yang mengikutsertakan Home Citynya. Pemain dapat mengelompokkan kartu-kartu mereka ke 3 kombinasi berbeda: Economic boom, Rush (kombinasi militer), atau Turtle (kombinasi pertahanan)

Kartu-kartu yang terpilih awal secara otomatis dimasukkan ke portofolio pemain, di mana mereka dapat disalin ke sebuah deck untuk digunakan di pertandingan. Nantinya di permainan, kartukartu yang akan digunakan harus dipilih secara manual karena jumlah kartu dalam satu deck terbatas. Kebanyakan kartu tersedia untuk semua peradaban, tetapi beberapa hanya untuk salah satu. Jika Home City yang sedang dimainkan memiliki lebih dari satu deck, pemain harus memilih yang mana yang akan digunakan. Selama sebuah permainan, pemain tak dapat mengganti decknya. Sebuah deck berkapasitas 20 kartu. Namun, dengan naiknya level Home City, jumlah kapasitas dapat bertambah satu tiap 10 level.

Campaign Mode

campaign mode berbasis cerita mengandung skenario yang terkait dengan tujuan yang telah ditetapkan. Seperti menghancurkan bangunan tertentu. Dalam Age of Empires III, alur campaignnya mengikuti keluarga Black dalam sebuah seri dari 3 Acts, yang membagi busut cerita ke 3 generasi. Semua acts dinarasikan oleh Amelia Black (Tasia Valenza).

  • Act I: Blood, di mana pemain mengasumsi perintah dari Ksatria dari St. John;
  • Act II: Ice, di mana pemain bermain sebagai pasukan bayaran John Black;
  • Act III: Steel, di mana pemain bermain sebagai Amerika Serikat.

Tanggapan Pemain

Admin sendiri memang belum pernah main game ini, tetapi menurut teman mimin yang juga merupakan gamer RTS Mengatakan game ini sudah sangat bagus dalam berbagai aspek diantaranya : Fitur yang disediakan oleh pengembang sudah cukup memuaskan ‘hasrat’ para pemain seperti multiplayer game; Grafik dan audio yang cukup baik dan memuaskan; Terobosan fitur yang sangat menarik yaitu fitur Home Cities yang pertama kali muncul dalam game. Pokoknya game ini sudah sangat memuaskan dalam berbagai aspek. Untuk agan – agan yang merupakan gamer yang sangat menyukai game RTS, tidak boleh ketinggalan game yang satu ini.